Senin, 04 Juli 2011

Cinta tak pernah Hilang

Kata orang lebih baik pernah mencintai dan kehilangan cinta dari pada tak pernah mencintai sama sekali. kata-kata itu tidak bisa menghibur seorang ciz, karena baru putus dengan pacar. tapi tentu saja pacarnya itu tidak segamblang untuk mengatakannya. dia berkata " aku benar-benar mencintaimu tapi itu biarlah jadi kenangan saja saat ini. dan aku ingin kita tetap bisa berteman saja. bagus pikir ciz. tetap berteman dan mencintai mungkin suatu saat bisa balikan lagi, pergi bersama dan tidak hilang komunikasi.
Ciz dan pacarnya sudah berpacaran sejak 3 thn. tapi sejak musim ini naksir wanita lain. sekarang saat ciz sudah mulai masuk dunia kerja, banyak sekali hal-hal baru yg ditemukan berbagai problema yang datang dimana saat itu dia butuh pacarnya untuk berbagi cerita, tapi semakin lama pacarnya semakin menghilang tidak pernah lagi ada komunikasi yang entah apa alasan dibalik itu semua. selama 3 tahun mereka mempunyai teman-teman yang sama saling mengenal, menghabiskan waktu ditempat2 yang belum pernah dikunjungi, tempat yang indah, meski sering pergi ketempat yang sama tapi itu tak menjadiknnya hampa.
Dengan menulis, membaca, dan pergi kesuatu tempat dapat membantu ciz melupakan masalahnya. Seseorang yang baru dikanal ciz ditempat kerjanya selalu memberikan berbagai macam nasehat, dan dengan sibuknya ciz ditempat kerja membuat ciz tidak punya waktu lagi untuk memikirkan hal lain, sehingga ciz dapat melupakan kesedihannya. Karena kurang konsentrasi bekerja ada aja kesalahn yang dibuat. Penasehat ciz paham benar apa masalahnya, hingga suatu ketika penasehat ciz berkata kepadanya." Pacar, Keluarga, atau masa depan: yang mana yang meresahkan hatimu ciz?" tanya penasehatnya.
"Pacar" sahut ciz," bagaimana penasehat bisa tau?"
" ciz aku ini sudah lebih dewasa darimu sudah berkeluarga, aku sudah banyak bertemu orang sepertimu bahkan sejak sebelum kau lahir. dan setiap kali kamu yang biasanya ceria menjadi kacau seperti ini, pastilah salah satu dari ketiga alasan tadi yang menjadi penyebabnya.
ciz mengangguk." Maaf pak. aku tidak akan mengulanginya lagi."
Penasehat menepuk bahunya. " kehidupan ini akan selalu berputar, tidak ada alasan yang bisa menghalangimu menjadi perempuan yang hebat, menjadi seperti apa yang kau inginkan, hidup bahagia, maka berusahalah dan semua pasti berlalu Life must Go On, kau harus ingat itu. kau harus memusatkan pada hal-hal yang benar-benar penting, yang lainnya akan beres dengan sendirinya."
Ciz tahu bahwa penasehatnya benar. ia harus merelakan mantannya dan meneruskan hidupnya. Tapi ia tetap merasa terluka, dan terkhianati." Aku merasa sangat geram pak. aku mempercayainya. aku selalu terbuka padanya. aku selalu berkorban untuknya, tapi apa yang kudapat?
Si penasehat mengambil selembar kertas dan bolpoin dari mejanya." itu pertanyaan yang bagus. Apa yang kau dapatkan?" ia menyerahkan kertas dan bolpoin itu kepada ciz dan berkata," ingat-ingat waktu yang kaulewatkan bersamanya, dan tulisakan sebanyak mungkin hal yang kau alami bersamanya, yang menyenangkan dan tidak menyenangkan. Lalu tulisakan hal-hal yang kau pelajari darinya dan yang ia pelajari darimu. Aku beri waktu 1 jam." penasehat itu pergi meninggalkan Ciz sendirian.
Ciz menjatuhkan diri di kursi, dan kenangan bersama mantannya membanjiri ingatannya. Dia teringat saat pertama kali memberanikan diri untuk bertemu pacarnya ditempat yang jauh yang belum pernah terbayangkan oleh ciz, bertemu berkencan, dan betapa senag hatinya kala pacarnya bersedia pergi dan menemaninya.  Kalau bukan karena dorongannya maka Ciz tidak akan pernah coba berani untuk melakukan hal-hal besar yang belum pernah terpikirkan oleh Ciz.
Lalu ia mengingat-ingat petengkaran mereka. Ia memang tidak mengingat semua alasan yang menyebabkan  pertengakaran itu. Tapi, ia ingat bagaimana mereka menyelesaikan persoalan diantara mereka. Ia belajar berkomunikasi dan berkompromi. dan ia juga ingat bagaimana mereka berbaikan kembali. dan saat-saat seperti itu sangat disukai.
Ciz teringat saat-saat pacarnya membuat merasa kuat, dibutuhkan, dan istimewa. ia menulis kertas itu dengan pengalaman mereka, liburan, perjalanan bersama, bertemu keluarga, dan pergi ke pantai melihat sunset berdua saja yang roamantis. Sebaris demi sebaris ia menuliskan pengalaman berdua, dan ia menyadari bagaimana mantan pacarnya telah membantu membentuk hidupnya. Ia akan menjadi wanita yang lain tanpa pacarnya itu.
Ketika penasehat kembali 1 jam kemudian, Ciz sudah tidak ada disitu, Ciz meninggalkan catatn dimejanya. dan Bunyinya ssangat sederhana saja:
Pak, terima kasih atas pelajaran yang telah bapak berikan. Saya rasa memang benar kata orang bahwa bagaimanapun juga lebih baik pernah mencintai dan kehilangan cinta.

Penulis: Saya rasa cerita diatas adalah sebuah paradigma yang menjelaskan bahwa suatu kesedihan rasa kehilangan adalah lorong transedental untuk menjadikan hal yang biasa menjadi hal yang luar biasa saling memetik hal-hal yang baik yang pernah dialami dalam menjalin hubungan. Dengan itu dipertegas bahwa kekecewaan, penderitaan, sesuatu yang hilang dapat merubah " orang yg biasa" menjadi "orang yang luar biasa" 
Dengan memberikan seluruh cintamu kepada seseorang bukanlah jaminan dia akan membalas cintamu! Jangan mengharapkan balasan cintanya, tunggulah sampai cinta berkembang di hatinya, tetapi jika tidak, berbahagialah karena cinta tumbuh dihatimu dan mungkin Tuhan menginginkan kita bertemu dengan beberapa orang yang salah sebelum bertemu dengan orang yang tepat, kita harus mengerti bagaimana berterima kasih atas karunia itu.


7 komentar:

  1. tulisan yang sangat luar biasa, hampir tak ada celah dan aku tak bisa mencari celah tersebut. Pacar, keluarga, dan masa depan, memang itulah masalah2 plg sulit di hidup manusia. Hihi, enjoy blogging mba, aku berlanhanan tulisanmu.

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah, trimakasih ya..aku jadi lebih bersemangat untuk menulis lagi. saran dan kritik diharapkan banget...and sampai ketemu di terbitan yg baru lagi

    BalasHapus
  3. iya, sama2.

    Btw, pengaturan komentarnya diganti donk. Maksudnya huruf captca kagak usah diaktifin. Susah juga bila setiap mau komentar harus baca hurup2 kagak jelas, hhe. Juga kalau bisa, yang bisa komen disetting untuk semua orang. Jadi bukand hanya blogger yang terdaftar yag bisa komen. Makasihiya, sama2.

    Btw, pengaturan komentarnya diganti donk. Maksudnya huruf captca kagak usah diaktifin. Susah juga bila setiap mau komentar harus baca hurup2 kagak jelas, hhe. Juga kalau bisa, yang bisa komen disetting untuk semua orang. Jadi bukand hanya blogger yang terdaftar yag bisa komen. Makasih

    BalasHapus
  4. cerita yang kamu ceritakan ini hampir sama dengan pengalaman hidup q, mungkin juga oleh beberapa orang lain

    Memang hidup tidak akan pernah lepas dari cinta kepada seseorang, dengan itu kita bisa merasakan kesedihan, kebahagian, tp ingat lah dengan itu smua kita menjadi dewasa...

    smoga hal2 tersebut menjadi pengalaman berarti dan sebuah kisah klasik untuk masa depan kita.Karena mencintai maupun dicintai adalah sebuah anugrah yang terindah...

    BalasHapus
  5. aku masih belajar buat blogger gak tau caranya untuk edit biar bisa dibaca semua orang. tapi sudah aku share di FB biar bisa dibaca oleh semua orang. makasih ya sarannya. semoga bermanfaat tulisan saya yang sederhana ini.

    BalasHapus
  6. Postinganmu yang ini kutulis ulang diblog punyaku di link ini . Di preview ya, semoga kagak melanggar hak cipta dan pengunjung blogku sebagian tertarik ke blogmu

    BalasHapus
  7. alhamdulillahirobilallamin maksih kalo banyak yang suka dengan blog ku. ya paling tidak ada izinnya gak masalah hehehehe

    BalasHapus